Sistem E-Hibah Bansos Perlu Dibuatkan Perbub

09 Oktober 2017 - 12:40:47 WIB Kategori Artikel : Teknologi


BATANG - Setelah ditemukan adanya beberapa kesalahan pada pengelolaan Hibah dan Bansos oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2016 lalu. Kini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang dituntut untuk bisa memperbaiki sistem pengelolaan Hibah dan Bansos itu.

Seperti diungkapkan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Batang, Nasikhin, bahwa penemuan BPK terkait pengelolaaan Hibah dan Bansos di Pemkab Batang itu ada pada penganggaran dan pertanggungjawaban belanja hibah dan bansos yang tidak tertib. Serta terdapat kelemahan dalam penganggaran dan pertanggungjawaban atas belanja tersebut.

“Maka dalam hal ini penggunaan sistem E-Hibah Bansos dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk memperbaiki pengelolaan Hibah Bansos. Selain juga untuk mewujudkan pengelolaan Hibah dan Bansos di Kabupaten Batang yang lebih tertib, tepat administrasi, taat hukum, tepat sasaran, transparan dan akuntabel,” terang Nasikhin.

Namun dikatakan Nasikhin, untuk memperkuat penggunaan proper E-Hibah Bansos itu, perlu dibuatkan Peraturan Bupati (Perbup) terlebih dahulu. Yang mana tujuan pembuatan Perbup tersebut yakni untuk pengelolaan Hibah dan Bansos lebih efektif, efesien, akuntabel dan transparansi. Serta mendorong peningkatan etos kerja aparatur dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

“Penggunaan sistem E-Hibah Bansos ini sendiri untuk memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia secara optimal, tepat dan berdayaguna. Menata sistem manajemen kerja pemerintahan menjadi lebih efektif dan efisien, terutama dalam pengelolaan Hibah dan Bansos melalui E-Hibah Bansos. Serta menjamin ketersediaan data dan informasi pemerintahan dan pembangunan yang valid dan akuntabel,” tandas Nasikhin. (ap6)

Sumber : http://radarpekalongan.com


LINK TERKAIT